Saturday, October 10, 2009

Jadi Anggota DPR, Rieke Janji Perhatikan Jawa Barat

BANDUNG " Setelah resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Rieke Diah Pitaloka berjanji akan mengedepankan persoalan yang terjadi di daerah pemilihannya yakni Jawa Barat.
Pemeran tokoh Oneng dalam Sitkom Bajaj Bajuri itu sedang mengincar posisi di Komisi IX DPR atau komisi yang fokus mendalami masalah tenaga kerja.
Rieke mengaku masalah tenaga kerja menarik perhatiannya lantaran berkaitan langsung dengan kemanusiaan yang kadang terlupakan. Terlebih, kata dia, banyak warga Jawa Barat yang bersentuhan langsung dengan masalah tenaga kerja, terutama tenaga kerja luar negeri.
"Kita bisa lihat bahwa banyak warga Jawa Barat yang menjadi tenaga kerja wanita (TKW) dan pada kenyataannya tidak ada perlindungan hukum yang jelas dari pemerintah kepada mereka. Padahal mereka salah satu pahlawan devisi negara," ungkap Rieke saat ditemui di Bandung, Sabtu (09/10/2009) malam.
Jika diberi kesempatan duduk di Komisi IX, Rieke akan memfokuskan diri pada persoalan buruh migran. "Saya punya tiga agenda jika saya duduk di Komisi IX," tambahnya.
Pertama, menelurkan Undang-Undang bagi pekerja rumah tangga (PRT). Hal ini penting lantaran kondisi PRT di Indonesia dapat dikategorikan cukup memprihatinkan. "Tidak ada yang mengatur mengenai upah, perlindungan hukum serta jam kerja bagi PRT. Untuk adanya perlindungan tersebut, maka PRT harus dijadikan sebagai salah satu pekerjaan formal," paparnya.
Kedua, mengamandemenkan UU No.39/2004 mengenai penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia luar negeri (PPTKILN). "Ketiga, meratifikasi konvensi PBB tahun 1990 tentang perlindungan hak buruh migran," ujarnya.
Rike berjanji, setiap tiga bulan sekali, dirinya akan turun langsung ke daerah pemilihannya di Jawa Barat dan berdialog langsung dengan masyarakat untuk mengetahui persoalan yang dihadapi.
"Ada tim saya yang nanti akan mempersiapkan kerja politik saat saya melakukan reses. Persoalan buruh migran juga akan saya bawa ke Jabar karena disini banyak TKW. Selama menjalani reses nanti, saya juga akan berkoordinasi dengan teman-teman partai baik di provinsi maupun kabupaten atau kota serta konstituen saya," pungkas politisi PDIP itu.(bul)

No comments:

Post a Comment